The first step in the acquisition of wisdom is silence, the second listening, the third memory, the fourth practice, the fifth teaching others. Solomon Ibn Gabriol

Sabtu, 12 Maret 2011

Novel Layar Terkembang


Kehadiran tokoh-tokoh dalam cerita
Beberapa pandangan mengenai Novel Layar Terkembang bisa menjadi cerminan bagi pembaca. Sosok Yusuf, Maria dan Tuti, dapat mewakili karakter khas masing-masing individu dengan membawa pandangan hidupnya masing-masing. Bila pandang-pandangan tersebut dapat menyatu pada akal pembaca maka nyatalah fungsi kehadiran tokoh ini pada konflik pemikiran dan permasalahan yang ada di dalamnya.
Demikian mungkin pernyataan yang memungkinkan saya tangkap dari sekilas membaca Novel Layar Terkembang, sah-sah saja, bila masing-masing pembaca akan menangkap makna yang beraneka ragam, memang begitu hakikinya bahwa karya sastra harus multiinterpretasi. Pertanyaannya adalah bagaimana interpretasi Anda?

Selanjutnya ditunjukkan beberapa pandangan para tokoh yang terangkum dalam pembahasan Novel Layar Terkembang dari para tokoh sastra dan para peneliti sastra:
Novel ini ditulis berdasarkan gagasan pengarang tentang Indonesia yang harus bangun dengan semangat  orang-orang muda yang maju, yang banyak menimba ilmu pengetahuan di Barat, yang intelektualistis, egistis, materialistis, dan individualistis (Sapardi Djoko Damono)
Dari berbagai sumber (Teeuw, 1952: 74-75; Rosidi, 1969: 39; Jasin, 1967a:83-89) diperoleh catatan bahwa Layar Terkembang  yang semula terbit sebagai cerita bersambung dalam Panji pustaka  dan baru terbit sebagai buku pada tahun 1973 merupakan karya terpenting Takdir Alisyahbana.
Pada pandangan Teeuw,  roman ini mengandung banyak sifat yang berharga, seperti kesederhanaan dan percakapan para tokoh yang masuk akal sehingga tidak tampak dibikin-bikin atau dipersulit.
Ajip menyatakan bahwa Layar Terkembang  merupakan Roman Takdir yang terpenting, bukan saja perintang waktu, merupakan sebuah roman bertendens. Melalui roman ini Takdir menyuarakan gagasannya mengenai peranan perempuan dan kaum perempuan dalam kebangunan bangsa.

Entri Populer

Welcome to papuj.blogspot.com and have a new inspiration